XiN Weblog

September 20, 2008

Tanggapan Laskar Pelangi

Filed under: Bahasa Indonesia — valenciaxin @ 4:17 am

Menurut pendapat saya mengenai novel Laskar Pelangi setelah saya membacanya, novel itu cukup menarik. Novel itu mungkin dapat menyadarkan kita terutama pelajar akan penting arti bersyukur. Saya mungkin termasuk anak yang beruntung karena saya masih memiliki kedua orang tua yang masih mampu bekerja banting tulang sehingga dapat menyekolahkan saya di sekolah yang cukup bagus, membelikan saya peralatan sekolah yang lengkap, dan menyediakan sarana prasarana yang saya butuhkan dengan cukup lengkap. Padahal dalam novel itu anak-anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah sangat serba kekurangan. Sekolah yang bisa dibilang sangat tidak layak dipakai, pengajar yang hanya berjumlah dua orang, kelas yang dipakai harus berganti-gantian, sungguh menyedihkan sekali sekolah itu. Namun dengan keadaan yang seperti itu para pengajar beserta murid-murid masih dapat melakukan proses belajar mengajar dengan baik. Mereka masih dapat menikmati kegiatan mereka dengan baik. Saya sangat suka sekali dengan tokoh Lintang, ia adalah sosok yang patut dicontoh. Kegigihan dia untuk menempuh jarak 80 km bolak-balik rumah dengan sekolah selain tiu ia harus menempuh bahaya bertemu buaya tidak menggoyahkan niatnya untuk belajar. Padahal kalau saya menjadi Lintang saya belum tentu mau melakukan hal itu, karena jarak 40 km untuk ke sekolah tidaklah dekat apalagi ada buaya. Bukankah lebih baik saya di rumah saja dan belajar di rumah atau membantu orang tua bekerja.

Semangat tidak mudah putus asa mungkin saat ini sudah jarang, padahal sebagai generasi muda harusnya kita punya semangat pantang menyerah seperti tokoh-tokoh laskar pelangi tersebut. Sebab dengan tidak mudah pantang menyerah segala sesuatu yang kita inginkan akan lebih mudah tercapai. Sebagai bukti Ikal dengan segala kekurangan baik materi dan keadaan sekolah yang tidak memadai akhirnya dapat melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi, bahkan ia dapat bersekolah di luar negeri. Hal di atas merupakan sesuatu yang dapat saya temukan setelah membaca laskar Pelangi walaupun masih banyak lagi. Mungkin sebaiknya yang belum membaca Laskar Pelangi dapat segera membacanya atau menonton di bioskop untuk dapat memahami dan merefleksikan  apa yang dibaca ke dalam kehidupan kita masing-masing.

Cynthia

XII IPS 1 / 9

1 Komentar »

  1. bwaguzz bgd,,,novelnya…..membri aq inzpirasi tntang banyak jg org yang serba kkurangan,,dan gmn susanya mreka utk mendpatin pndi2kan……..

    pokoke TOP BGT

    Komentar oleh intan — Oktober 24, 2008 @ 2:26 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: